PELANGI

(22-26 Januari 2024)

Alhamdulillah, pekan matrikulasi sudah terlewati. Anak-anak juga sudah lebih siap untuk belajar dengan berbagai tema yang ada di semester II. Nah, mulai pekan ini anak-anak akan belajar tema "Indahnya Ciptaan Allah" dengan subtema "Pelangi".

Melalui tema ini, anak-anak akan dikenalkan tentang pelangi mulai dari warnanya, proses terjadinya serta aktivitas lainnya yang pasti akan menambah rasa penasaran anak tentang pelangi.

Seperti apa rencana kegiatan pekan depan??

Yuk! kita simak sama-sama.

Senin, 22 Januari 2024

MATH

Kegiatan 1 : 

Menempelkan gambar berdasarkan warna yang ada di dalam pelangi

Seperti yang diketahui, Allah telah menciptakan pelangi dengan berbagai warnanya yang indah. Setiap orang yang melihatnya tentu akan berdecak kagum menikmati keindahannya. Allah menyusun sebanyak 7 warna di dalam pelangi. Hampir semua warna di dalam pelangi, pernah juga kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti pohon yang memiliki warna hijau, bunga mawar yang berwarna merah dan lain sebagainya. Begitu pula pada hari ini, anak-anak akan diajak untuk mengeksplor berbagai benda di sekitar yang memiliki warna yang sama dengan pelangi. Setelah anak-anak melihat benda konkrit secara langsung yang mirip dengan warna pelangi, guru mengajaknya bermain games menempelkan gambar dari ciptaan Allah yang warnanya sama dengan pelangi. Setiap anak akan berlomba dengan temannya hingga kertas stiker gambar habis ditempel. Wah, pasti seru sekali nih!

Kegiatan 2 : 

Mengurutkan pola berdasarkan besarnya

Selain mengenalkan anak terhadap susunan warna pelangi, guru juga mengajak anak melihat bagaimana bentuk pelangi saat muncul. Biasanya pelangi terlihat tersusun sesuai warnanya dengan besar ukuran yang berbeda. Warna merah terletak di paling atas dengan pola ukuran yang lebih besar dibandingkan warna kuning di bawahnya, begitu pun seterusnya hingga warna ke tujuh. Nah, di sini anak-anak juga akan mencoba membuat susunan pola warna pelangi berdasarkan besarnya. Media yang digunakan ialah 7 kertas  warna yang telah diberi pola setengah lingkaran dengan besaran yang berbeda. Kemudian anak-anak akan mengurutkannya dari mulai yang terbesar hingga terkecil. Tentunya hal ini akan sangat menantang ya, karena membutuhkan fokus yang baik saat menyusun pola agar tepat sesuai besarannya. Semangat anak-anak hebat!

Selasa, 23 Januari 2024

BAHASA

Kegiatan 1 : 

Menonton video dan menceritakan  proses terjadinya pelangi

Selama pembelajaran ini, anak-anak juga akan dikenalkan tentang surat di dalam al-Quran yang menyebutkan tentang penciptaan pelangi. Hal ini sebagai penguatan bahwa Allah Maha Kuasa telah menciptakan pelangi dengan keistimewaannya. Begitu juga dengan pertemuan hari ini yang akan mengenalkan kepada anak bagaimana proses terjadinya pelangi secara sederhana. Dari video yang diperlihatkan, anak-anak akan melihat bahwa pelangi terjadi setelah hujan dengan bantuan sinar matahari. Lalu anak akan mencoba untuk menceritakan kembali seperti apa proses tersebut menggunakan bahasanya sendiri di hadapan teman-teman secara berkelompok.

Kegiatan 2 : 

Mengurutkan gambar proses terjadinya pelangi

Setelah mengenal prosesnya melalui video dan menceritakannya, diperlukan satu penguatan secara visual melalui gambar. Di kegiatan ini, anak-anak akan mengurutkan proses tersebut secara mandiri untuk memperkuat ingatannya. Setiap anak akan mendapatkan 3 buah kartu yang belum diberi warna untuk diurutkan dan diwarnai sesuai video yang telah disimak sebelumnya.

Rabu, 24 Januari 2024

ART : Membuat kipas pelangi

Kegiatan 1 : 

Membuat garis lurus dan mewarnai pola pelangi

Hari ini anak-anak akan membuat sebuah karya yang bernama kipas pelangi.  Mula-mula anak akan mencoba membuat garis lurus sebanyak 9 buah menggunakan pensil. Hasil bidang dari garis yang telah dibuat tersebut kemudian diwarnai dengan krayon sesuai dengan pola warna pelangi. Adapun warna yang digunakan kali ini sebanyak 5 warna saja yaitu, merah, kuning, hijau, oranye, dan biru. Kegiatan ini dapat melatih kesabaran dan fokus anak agar dapat menghasilkan garis yang lurus dan tidak terlalu bergelombang. 

Kegiatan 2 : 

Melipat kertas menjadi bentuk kipas pelangi

Setelah membuat pola garis dan warna pelangi, kertas tersebut dilipat menjadi bentuk kipas. Hasilnya akan ditempelkan pada kertas alas yang telah disediakan. Agar lebih menarik, anak-anak juga akan menambahkan hiasan berupa awan yang diletakkan pula di atas kertas alas. Nah, karya kipas pelangi pun akhirnya selesai. Anak-anak dapat memainkannya menjadi bentuk pop up card. Jadi, kertas alas yang telah ditempelkan kipas pelangi itu dilipat menjadi kartu yang dapat dibuka tutup.

Kamis, 25 Januari 2024

OLAHRAGA

Kegiatan : 

Bermain futsal

Waktunya olahraga untuk anak-anak kelas kiwi! Wah hari ini akan seru sekali pastinya, karena anak-anak akan bermain futsal. Setelah mengenal pelangi, bercerita dan membuat karya, tiba saatnya untuk menggerakkan tubuh mengeksplor seluruh alat gerak. Tetapi, ada yang berbeda dengan futsal yang akan dimainkan kali ini. Karena anak-anak harus mengikuti instruksi warna dari guru. Jika guru menyebutkan dan mengangkat warna hijau, anak-anak boleh menendang bola seperti biasa, lalu ketika diangkat warna merah, maka anak harus berhenti. Selanjutnya jika guru mengangkat warna kuning, maka anak harus mengoper bola kepada temannya. Selain melatih kekuatan otot fisik, dari kegiatan ini juga anak akan belajar untuk mematuhi peraturan yang ada di dalam permainan. Semangat anak-anak!

SAINS

Kegiatan : 

Eksperimen hujan pelangi

Eksplorasi tentang pelangi juga akan dilakukan dengan sangat menarik pada kegiatan eksperimen. Biasanya anak-anak selalu penasaran ketika diperlihatkan sebuah percobaan-percobaan tertentu. Nah, hari ini anak-anak akan diperlihatkan eksperimen hujan pelangi menggunakan media pewarna makanan merah, kuning dan hijau. Mula-mula guru mendemonstrasikan caranya yakni dengan mencampurkan segelas air dengan sedikit minyak. Lalu dituangkanlah beberapa tetes pewarna makanan ke dalamnya. Selanjutnya akan terlihat perlahan-lahan pewarna makanan yang diteteskan tadi jatuh ke dalam air melewati minyak seperti hujan pelangi yang indah.

Jumat, 26 Januari 2024

AGAMA

Kegiatan 1 : 

Doa turun hujan

Alhamdulillah pembelajaran tentang pelangi sudah mencapai puncaknya pada hari ini. Sebagai penutup, anak-anak akan mengenal kembali doa turun hujan. Karena salah satu perantara peristiwa terjadinya pelangi ialah setelah turunnya hujan.

Kegiatan 2 :

Mengenal surat Fathir ayat 27 dan melukis pelangi

Allah telah menjelaskan dalam QS. Fathir ayat 27 bahwa Dia menciptakan pelangi di balik gunung-gunung. Di sini, anak-anak diajak untuk berkelompok dan melukiskan bagaimana visualisasi pelangi yang berada di balik gunung tersebut. Hal ini ternyata sesuai dengan sebuah hadis yang mengatakan bahwa Allah Maha Indah dan mencintai keindahan. Dan dengan pembelajaran ini, anak-anak diajak untuk selalu bersyukur karena Allah telah memberikan penglihatan yang sehat dan sempurna sehingga selalu dapat menikmati ciptaan-Nya yang berwarna. Semoga anak-anak selalu berada dalam lindungan-Nya dan senantiasa bersyukur terutama atas karunia penglihatan yang luar biasa dari Allah. Aamiin..

Kembali ke menu utama